Mengenal Jenis-Jenis Email Marketing dan Bagaimana Cara Membuat Email Marketing Yang Efektif


JENIS EMAIL MARKETING DAN CARA MEMBUATNYA AGAR EFEKTIF

Email Marketing. Memiliki pekerjaan sebagai seorang marketing pada suatu perusahaan dengan skala yang lebih kecil tentunya akan menjadi suatu hal yang menantang bagi sebagian orang. Masalah-masalah yang kerap timbul yang berhubungan dengan bisnis berskala kecil seringkali terjadi di seputaran cara melakukan perkembangan market dengan biaya yang seadanya saja. Selain itu pula juga harus memikirkan bagaimana cara agar bisa mendapatkan keuntungan yang stabil di setiap bulannya.

Para pelaku usaha dengan skala kecil ataupun menengah banyak yang melihat peluang dengan melakukan pemasaran dengan memanfatkan email marketing. Hal tersebut disebabkan karena email marketing merupakan cara promosi yang hemat dan tentunya sangat mudah untuk dilakukan.
Jenis dan Cara Membuat Email Marketing yang Efektif
Jenis dan Cara Membuat Email Marketing yang Efektif
Source Gambar: Sribu
Tetapi sebelumnya apakah Anda sudah mengetahui apa saja jenis-jenis dari email marketing dalam bisnis? berikut akan di jelaskan mengenai tiga jenis email marketing yang perlu Anda ketahui agar dapat digunakan untuk bisnis Anda.

Invitation Email

Invitation email adalah salah satu jenis dari email marketing yang kerap digunakan dalam upaya menjaga klien supaya bisa selalu update dengan acara-acara yang akan datang. Jenis email ini dapat dikirimkan seminggu atau paling lambat satu hari sebelum kegiatan berlangsung sebagai cara agar dapat mendorong pelanggan untuk hadir ke acara yang kita buat.

Digest Email

Merupakan salah satu jenis email marketing yang secara otomatis dihasilkan oleh mailing list elektronik. Dengan memanfaatkan email ini, kita juga akan dapat menentukan periode email tersebut digunakan misalnya hari, minggu, bulan dan sebagainya. Selain itu email ini juga dapat membatasi jumlah penerimanya misal 10 atau 100 orang dalam satu kali pengiriman pesan tunggal.

Newsletter

Newsletter adalah cara cepat dalam menjaga klien Anda melalui penggunaan informasi di setiap berita bisnis ataupun promosi yang akan datang. Sebuah newsletter tentu bisa dikirimkan secara berulang-ulang misalnya setiap sebulan sekali atau bahkan seminggu sekali.
Nah, setelah Anda mengetahui apa saja jenis dari email marketing maka hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui yaitu mengenai poin penting apa saja yang harus di perhatikan pada saat Anda akan mengirimkan email marketing kepada para klien atau pelanggan Anda.
Sebab masih terdapat banyak orang yang tidak selalu akan membaca email yang Anda kirimkan apabila orang tersebut mencium adanya bau promosi.
Berikut strategi yang dapat Anda terapkan agar bisa mengefektifkan email marketing untuk bisnis Anda.

Subjek Email

Poin utama yang terpenting dalam membuat sebuah email marketing yaitu subjek atau judul email itu sendiri.
Maka dari itu subjek email haruslah benar-benar dapat menarik perhatian pelanggan serta mengandung ajakan. Jangan pernah meremehkan sebuah subjek emaip jika Anda menginginkan email marketing Anda dibuka, dibaca serta di tanggapi oleh klien atau pelanggan Anda.

Tampilan Email

Tak semua email yang dibuka di akibatkan karena penulisan judul yang menarik serta mengundang perhatian orang untuk membacanya sampai habis.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Direct Marketing Association mengatakan bahwa 88% orang yang membuka email menyukai tampilan berupa konten HTML nya dan 12% sisanya menyukai tampilan atau konten email yang berupa teks.

Permintaan Data Diri

Pada saat Anda menginginkan mengumpulkan suatu list database maka Anda tentu akan mencantumkan form data diri ke dalam email marketing Anda.
Usahakan agar mengambil data yang penting saja seperti alamat email guna meningkatkan kuantitas subscribe pada situs Anda. sebab jika data diri yang Anda buat terlalu bertele-tele maka akan membuat pelanggan Anda merasa ragu dalam memberikan informasi mengenai diri mereka terutama dengan maraknya penyalahgunaan informasi melalui internet seperti sekarang ini.

Testimonial Pelanggan

Salah satu cara dalam meningkatkan efektifitas subscribe email untuk situs Anda yaitu dengan mencantumkan social proof. Bagi Anda yang menjalankan usaha dalam skala kecil maka dapat melakukan hal ini dengan hanya mencantumkan foto pelanggan yang puas atas produk atau jasa yang ditawarkan maupun dengan menampilkan testimony dari orang terkenal pada situs Anda.
Hal tersebut bertujuan agar dapat memberikan informasi mengenai email dengan harapan Anda akan menyediakan informasi berharga yang dicari oleh calon pelanggan Anda.

Promo Hadiah

Anda bisa menawarkan promo menarik kepada orang-orang yang telah melakukan subscribe. Misalnya dengan memberikan kode diskon special maupun promo lainnya yang terdapat di dalam email marketing yang Anda kirimkan. Pertimbangkanlah aspek win-win solution untuk Anda yang mau list building email serta bagi calon customer yang ingin mendapatkan sesuatu dari Anda.
Pada akhirnya, email marketing merupakan media yang sangat terjangkau dari sisi harga serta sangat efektif dari segi cara. Bahkan hal ini lebih efektif daripada dengan beriklan melalui tv, radio ataupun media cetak yang tentu akan membutuhkan banyak biaya.
Maka dari itu email marketing banyak digunakan oleh para pelaku usaha berskala kecil sebagai media promosinya.
Namun perlu Anda ingat bahwa jika Anda sembarangan dalam mengirimkan email marketing tanpa memperhatikan poin-poin diatas maka justru akan memberikan dampak yang buruk untuk bisnis Anda kedepannya.
Oleh: Nuraini Anitasari

Tidak ada komentar

_____Untuk Melakukan Permintaan Presentasi Silahkan Hubungi Kami_____

Diberdayakan oleh Blogger.