Manfaat Etika Profesi Di Bidang Bisnis


Manfaat Etika Profesi Di Bidang Bisnis

Dalam menjalankan peran pada suatu pekerjaan tentunya memiliki sebuah aturan yang dipegang teguh untuk dijadikan panduan dalam menjalankan tugasnya. Aturan tersebut berkaitan dengan etika profesi. Etika profesi sendiri merupakan suatu konsep etika yang telah ada pada suatu lingkup kerja. Adanya sebuah etika profesi ini selain dapat dijadikan sebagai panduan dalam menjalankan tugas juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan diri kearah yang lebih baik. Pada etika profesi memiliki prinsip yang positif seperti tanggung jawab, keadilan dan profesional. Ketiga prinsip tersebut dapat memberikan manfaat yang cukup banyak bagi bisnis yang dijalankan.
Lalu apa saja manfaat etika profesi di bidang bisnis?
1. Memberikan Rasa Tanggung Jawab
Menerapkan etika profesi dalam dunia bisnis dapat membentuk adanya rasa tanggung jawab terhadap apa yang dijalankan. Sebagai pelaku bisnis yang menjujung etika profesi maka ia harus mampu membawa bisnis yang dijalankan sesuai dengan tujuan yakni kesuksesan. Selain itu, dengan menerapkan etika profesi maka pelaku bisnis mendapatkan rasa komitmen yang tinggi terhadap apa yang dijalankan yang akan mendorong pelaku bisnis untuk tidak pantang menyerah.
2. Memberikan Prinsip Profesionalitas
Ketika menerapkan etika profesi dalam bisnis maka tak lepas dengan istilah profesionalitas. Ketika suatu organisasi yang menjalankan sebuah bisnis dan memiliki sumber daya manusia yang menjunjung tinggi profesionalitas maka dapat dipastikan bisnis tersebut akan dengan mudah meraih kesuksesan. Profesionalitas dalam dunia bisnis memang tidak bisa dipisahkan, dimana hal ini sangat perlu untuk membangun kinerja bisnis agar selalu objektif.
3. Memberikan Konsep Bisnis Yang Jelas
Dengan menerapkan etika profesi dalam bisnis mampu membangun sebuah konsep yang harus jelas. Konsep pada hal ini berkaitan dengan pemikiran dan penilaian baik atau buruk terhadap sesuatu yang akan dihadapi saat menjalankan bisnis. Sehingga mampu memikirkan resiko dan solusi yang perlu dilakukan ketika dihadapkan pada suatu permasalahan.
4. Meningkatkan Kualitas Bisnis
Ketika bisnis menerapkan etika profesi dan memiliki sumber daya manusia yang menjunjung rasa tanggung jawab dan profesionalitas yang tinggi, serta konsep bisnis yang jelas maka akan mempu meningkatkan kualitas bisnis yang dijalankan. Mengingat dampak dari sumber daya manusia yang ikut andil dalam jalannya sebuah bisnis itu sangat besar. Tak jarang ketika pada saat memulai bisnis, sebuah organisasi atau perusahaan melakukan beberapa kali penyaringan dan pengarahan untuk membentuk sikap positif dan memiliki etika dalam menjalankan tugasnya.
5. Meningkatkan Kenyamanan di Lingkungan Bisnis
Etika profesi dapat mendorong seorang pelaku bisnis agar lebih bisa menghargai sesama, menjalin hubungan yang erat tetapi tetap mengedepankan profesionalitas. Sehingga dengan demikian maka kondisi bisnis yang dijalankan dapat berjalan kondusif.
Setelah mengetahui manfaat etika profesi di bidang bisnis di atas maka yang dilakukan oleh pelaku bisnis adalah mengasah kemampuan soft skill agar etika profesi terus tertanam pada diri. Untuk itu, yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Belajar memahami
Memahami yang dimaksud adalah memahami seseorang yang terkait maupun memahami kondisi bisnis. Hal ini dapat membantu untuk menimbulkan sikap saling menghargai, dan mampu memberikan kenyamanan pada kondisi bisnis sehingga secara tidak langsung juga mampu meningkatkan kualitas bisnis itu sendiri.
2. Belajar berfikir dan bersikap positif
Tujuannya adalah agar dapat memberikan suasana yang tetap kondusif dan mampu memberikan stimulan bagi orang sekitar agar tidak pantang menyerah. Jika mampu melalukan hal tersebut maka akan mampu menghasilkan sebuah solusi dan sikap yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Mengingat sebuah pemilihan keputusan tidak boleh sembarang diambil dan harus memikirkan resiko-resiko yang akan dihadapi.
3. Belajar percaya terhadap diri sendiri dan orang lain.
Hal ini perlu dilakukan agar sumber daya manusia yang terkait di dalam bisnis mampu bertanggung jawab akan tugasnya. Selain itu, sebagai pelaku bisnis khususnya pemimpin harus memberikan contoh bagi rekan kerja atau anggota dengan cara menyakinkan bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika benar-benar menginginkannya. Dengan kata lain, percaya diri dan memberikan kepercayaan kepada orang lain pun juga dapat memberikan dukungan.
4. Belajar lebih tentang etika profesi.
Belajar itu tidak mengenal usia, semua orang dapat melakukannya apapun kondisinya termasuk ketika seseorang yang telah membangun sebuah bisnis. Tidak salahnya jika pelaku bisnis masih terus belajar apapun itu untuk kemajuan bisnis yang dijalankan.
            Pada dasarnya dalam menjalankan bisnis memang harus memperhatikan banyak hal, termasuk etika profesi dari berbagai bidang. Untuk itu manfaat etika profesi di bidang bisnis berserta langkah yang harus dilakukan untuk menanamkan etika profesi diatas semoga dapat menjadi solusi untuk pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya. Semoga bermanfaat.
Oleh: Fitri Anggarsari

Tidak ada komentar

_____Untuk Melakukan Permintaan Presentasi Silahkan Hubungi Kami_____

Diberdayakan oleh Blogger.