Pentingkah Bisnis Online Terpercaya Memiliki Pencatatan Akuntansi Online



Menjalankan bisnis online terpercaya haruslah dengan penuh strategi yang tepat. Pasalnya untuk mencapai bisnis online terpercaya tidaklah mudah. Terlebih lagi dengan maraknya online shop yang menipu banyak konsumennya. Hal ini yang membuat bisnis online shop harus semakin pintar menyusun startegi agar dipercaya konsumen banyak dan mampu meningkatkan keuntungan.

Apa itu Bisnis Online Terpercaya?

Bisnis online merupakan sebuah usaha atau bisnis yang dilakuakn via internet. Hampir setiap aktivitasnya dilakukan melalui internet, dengan begitu mereka bisa menjalankan bisnis online ini. Kegiatan jual beli via internet ini tak hanya menyediakan barang kebutuhan konsumen, tetapi juga jasa. Berbagai industri juga ikut membuat bisnis online shop karena dirasa mampu menjangkau lebih banyak konsumen.
Anda bisa memulai bisnis online terpercaya dengan perencanaan yang baik termasuk dalam pembuatan laporan keuangan. Laporan keuangan atau pencatatan akuntansi juga sangat dibutuhkan dalam bisnis online Anda. Hal ini tak hanya sekedar perhitungan untung rugi bisnis tetapi juga mampu menjadi acuan agar bisnis Anda makin maju dan berkembang kedepannya.

Langkah Membuat Pencatatan Akuntansi

Jika Anda memiliki usaha bisnis online yang masih cukup terbilang kecil, maka tak ada salahnya untuk memulai membuat pencatatan akuntansi agar bisnis online terpercaya semakin berkembang. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:
• Membuka Rekening Bisnis
Setelah Anda berencana atau sedang menjalankan bisnis, maka sebaiknya pisahkan rekening pribadi dengan rekening untuk bisnis. Umumnya, transaksi online dilakukan melalui transfer bank. Membuka rekening khusus untuk bisnis ini penting karena Anda tak perlu pusing memonitor cash flow bisnis dan menjadi lebih mudah. Namun, sebaiknya pilih bank yang banyak dipakai oleh konsumen sehingga bisnis akan berjalan dengan lebih baik. Karena, hal ini juga menjadi petimbangan konsumen saat berbelanja online lho!
• Melakukan Pencatatan Harian
Lakukan pencatatan harian seperti saat adanya pembayaran dari konsumen kedalam buku besar yang didalamnya berisikan jenis transaksi, uang keluar, uang masuk dan juga saldo Anda. Maka, Anda bisa mengetahui posisi keuangan dengan lebih pasti dan alur transaksi tersebut.
• Mulai Buat Laporan Laba dan Rugi
Buatlah laporan laba rugi setiap bulan. Cara ini bisa membantu Anda untuk mengetahui apakah bisnis sudah menguntungkan atau justru malah merugi? Dari keuntungan yang didapat dari bisnis itu, Anda bisa menggunakannya untuk semakin mengembangkan bisnis.
• Catat Anggaran Bisnis Online Terpercaya Anda
Untuk mencapai keuntungan dan kesuksesan bisnis online, maka Anda harus mulai displin pada diri sendiri yakni tidak bisa lagi seenaknya mengambil uang bisnis jika belum tampak untung rugi untuk keperluan bisnis. Semua itu pasti membutuhkan sebuah pemeikiran dan perhitungan yang tepat. Contohnya, jika Anda ingin membeli beberapa inventaris untuk kebutuhan online shop, maka pastikan hal itu dibutuhkan atau tidak. Pastikan segala transaksi dicatat lebih terperinci sehingga anggaran tidak sia-sia terpakai begitu saja.
• Ketahui Lalu Lintas Kas
Memiliki bisnis online terpercaya artinya semua pembayaran juga dilakukan secara online yakni transfer. Sebaiknya, Anda mencatat lalu lintas atau arus kas bisnis online shop, seperti uang yang masuk per harnya. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami kekeliriuan saat melakukan pembukuan nantinya. Dengan mengetahui juga arus uang yang masuk ke rekening, maka Anda juga bisa mengetahui seberapa besar bisnis ini sudah melampau omzet atau belum.
• Mudah Melakukan Audit
Jika Anda memiliki bisnis online yang masih kecil atau menengah, maka tidak ada salahnya untuk melakukan audit. Ada bisa melakukannya dengan data akuntansi dan lakukan pengecekan yang tentunya sangat mudah dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui bagian mana saja yang bisa diperbaiki atas kesalahan yang pernah terjadi pada bisnis online terpercaya Anda.
• Sebagai Landasan Pengambilan Keputusan
Dengan membuat pencatatan akuntansi, maka Anda juga bisa mengetahui produk mana saja yang laku dipasaran. Setelah itu, Anda pun bisa mengambil keputusan produk atau barang mana saja yang harus ditingkatkan penjualannya. Hal sesederhana ini bisa sangat berpengaruh pada penjualan bisnis online Anda. Tanpa adanya data yang pasti, maka pengambilan keputusan juga terasa tidak pasti.

Manfaat Melakukan Pencatatan Akuntansi di Bisnis Online

Pembukuan akuntansi online untuk bisnis online terpercaya Anda juga sangatlah dibutuhkan. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari penggunaan aplikasi akuntansi berbasis online, seperti berikut:
• Mudah digunakan
Aplikasi online yang bagus sudah dirancang untuk mempermudah pekerjaan penggunanya. Bagi Anda yang memiliki bisnis online, maka cukup dengan memasukkan data transaksi, maka semua laporan keuangan yang Anda butuhkan akan terupdate secara otomatis. Bahkan hal ini bisa Anda lakukan walaupun Anda tidak memiliki latar belakang akuntansi yang mumpuni.

• Membantu Mengelola Keuangan
Walaupun Anda memiliki bisnis online terpercaya tergolong kecil, bukan berarti pengelolaan keuangan diabaikan. Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi berbasis online yang mampu memantai dan juga mengontrol arus keuangan usaha Anda. Laporan arus kas biasa ada pada setiap aplikasi akuntansi online.

• Hemat Waktu dan Biaya
Dengan menggunakan aplikasi akuntansi, Anda tak perlu lagi mencatat keuangan manual dan membayar orang untuk melakukan pekerjaan Anda ini. Pasalnya, Anda bisa mengerjakan semua pencatatan sendiri lewat aplikasi akuntansi. Maka, semua pekerjaan lebih terasa simple dan mudah.

• Meningkatkan Produktifitas
Dengan aplikasi akuntansi, Anda tak perlu lagi pusing akan pencatatan akuntansi, sehingga Anda bisa focus pada tujuan dan target yang ingin Anda capai pada bisnis online. Produktifitas dalam hal bisnis online terpercaya Anda pun akan semakin terasa dan teratur. Walaupun Anda memiliki karyawan, Anda tetap bisa melakukan pekerjaan lain diluar perhitungan keuangan bisnis Anda.

• Membantu Menentukan Keputusan Bisnis Anda
Dengan menggunakan aplikasi software akuntansi online, maka bisa membantu Anda menentukan keputusan yang akan diambil. Umumnya, aplikasi akuntansi mmiliki fitur pembuatan laporan keuangan, laporan arus kas dan laporan penjualan. Ketiga jenis laporan akuntansi tersebut sangat penting terutama bagi Anda yang menjalani bisnis online dalam mengambil keputusan.

Aplikasi Akuntansi untuk Bisnis Online Terpercaya

Jika Anda menggunakan Zahir Accounting sebagai aplikasi akuntansi untuk bisnis online terpercaya Anda, maka begini pengaplikasiannya.
• Akses software aplikasi online ini di browser Anda, lalu login.
• Lalu, buka menu transaksi seperti penjualan
• Masukkan atau input transaksi yang terjadi pada bisnis Anda
• Maka laporan keungan bisa secara otomatis Anda dapatkan

Mudah dan sederhana bukan? Sudah bisa dibayangkan, bahwa pekerjaan bisnis online Anda akan jauh lebih mudah, terutama dalam pencatatan pembukuan. Dengan cara ini tentu akan menghindarkan Anda dari penggunaan keuangan yang tidak jelas arus penggunannya. Untuk itu, sangat penting sekali memilih software akuntansi yang tepat, karena bisa menjadi investasi yang tepat untuk bisnis online Anda. Kini, investasi bisnis bukan hanya soal anggaran yang dikeluarkan untuk membeli produk atau barang untuk online shop, tapi juga pencatatan keuangan. Salah satu yang sangat direkomendasikan adalah Zahir Accounting yang mampu membantu Anda dalam segala pembuatan laporan keuangan bisnis Anda.

Tidak ada komentar

_____Untuk Melakukan Permintaan Presentasi Silahkan Hubungi Kami_____

Diberdayakan oleh Blogger.