5 Langkah Mereview Performance Perusahaan di Akhir Tahun


Kali ini Zahir akan mengajak rekan rekan semua untuk me-review kinerja suatu perusahaan, review kinerja bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perusahaan dapat mencapai sasaran dan tujuan yang sudah ditetapkan diawal tahun atau periode tertentu. Hasil dari evaluasi ini bisa digunakan sebagai acuan dalam merumuskan sasaran dan tujuan yang akan dicapai di tahun berikutnya, maupun untuk memberikan penilaian kinerja terhadap setiap individu dalam perusahaan. Menurut para ahli ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam mengukur kinerja perusahaan diantaranya ; Metode Rasio Keuangan, Economic Value Added (EVA) dan Economic Value Added (MVA).
Dalam melakukan review ini perusahaan perlu menentukan langkah yang tepat agar penilaian/review dapat menghasilkan hasil yang akurat dan sesuai dengan kondisi real perusahaan di akhir tahun,
Nah, dalam kesempatan ini Zahir akan mengacu ke Metode Economic Value Added (EVA), EVA merupakan sistim manajemen keuangan yang mengukur kemampuan perusahaan dalam memberikan nilai lebih terhadap para pemilik/pemegang saham. Nilai yang dimaksud mengacu kepada nilai yang dinvestasikan oleh pemilik dan yang diberikan oleh pemegang saham/owner diawal suatu periode.
Berikut 5 Langkah review perusahaan dengan menggunakan metode EVA
  1. Persiapkan laporan keuangan perusahaan yang telah divalidasi perusahaan atau telah dipublish untuk perusahaan yang telah Go Public.
  2. Berdasarkan laporan keuangan reviewer harus menentukan NOPAT (Net Operating Profit After Tax) dimana nilai ini bisa didapat dari laba operasi perusahaan dikurangi pajak penghasilan dan ditambahkan dengan bunga (kalau ada).
  3. Menentukan nilai Capital Chargesnilai ini diperoleh dari akumulasi WACC dengan Invested Capital.
    Invested Capital, menghitung jumlah keseluruhan pinjaman perusahaan dikurangi hutang dagang, biaya yang masih harus dibayar dan hutang pajak. Dalam ilmu Ekonomi ini juga dikenal dengan. Point selanjutnya menentukan WACC (Weight Average Cost of Capital) dimana nilainya diperoleh dari akumulasi biaya ekuitas dan biaya hutang dengan presentase ekuitas dan hutang dalam struktur modal.
  4. Tahap terakhir dalam menentukan EVA dapat dirumuskan dengan:EVA = NOPAT – CAPITAL CHARGES
  1. Setelah mendapatkan nilai EVA reviewer dapat menarik kesimpulan, jika:Nilai EVA  besar dari 0 (Nol) mengartikan bahwa Manajemen mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan
    Nilai EVA kecil atau sama dengan 0 (Nol) mengartikan bahwa Manajemen tidak mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan.
Setelah mendapatkan kesimpulan atas nilai EVA, Manajemen telah bisa mengukur seberapa peran mereka dalam 1 tahun terhadap perusahaan, pemilik juga bisa menilai kinerja dari Manajemen, apakah sudah sesuai dengan harapan atau belum, apakah perlu melakukan perombakan manajemen.

Tidak ada komentar

_____Untuk Melakukan Permintaan Presentasi Silahkan Hubungi Kami_____

Diberdayakan oleh Blogger.