Unsur-Unsur Penting Dalam Aktivitas Ekonomi

Unsur-Unsur Penting Dalam Aktivitas Ekonomi


Dalam dunia bisnis, pelaku usaha hendaklah dapat melihat dan memanfaatkan setiap peluang dengan baik demi menghasilkan keuntungan. Keuntungan dalam hal ini tidak hanya dari segi finansial semata, tapi juga jalinan kerja sama atau networking dengan rekan bisnis. Namun untuk menciptakan peluang bisnis tidak semudah membalik telapak tangan, dibutuhkan keinginan yang kuat serta kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan bisnis yang dikerjakan.
Untuk mewujudkan hal tersebut, terlebih dahulu Anda, selaku pelaku usaha, mengetahui apa saja yang menjadi unsur-unsur penting dalam aktivitas ekonomi, yang mau tidak mau akan turut mempengaruhi roda usaha Anda:
a. Keinginan manusia
Setiap manusia pasti memiliki keinginan yang ingin diwujudkannya. Keinginan ini sudah menjadi sifat dasar yang dimiliki manusia, yang akan mendorong mereka untuk berusaha keras memenuhi apa yang menjadi keinginannya. Contohnya, saat seseorang ingin usahanya berhasil, maka dia harus memutar otak dan bekerja keras bagaimana agar produk atau jasanya dikenal banyak orang dan dapat diterima pasar.
b. Sumber daya
Sumber daya merupakan hal yang penting dalam aktivitas ekonomi. Keberadaan sumber daya ini akan menentukan sukses tidaknya usaha yang dijalankan seseorang. Misalnya, saat seseorang memulai usaha katering, namun ia tidak memahami cara pengiriman makanan yang baik sehingga menimbulkan keluhan dari pelanggan saat menerima pesanan dalam keadaan kemasan rusak atau makanan tumpah. Sudah seharusnya pemilik katering memiliki tenaga pengiriman yang tahu bagaimana meng-handle pengiriman makanan.
c. Cara produksi
Seorang pelaku usaha sudah seharusnya mengetahui dengan detil cara pembuatan barang atau jasa yang dikerjakannya. Pelaku usaha harus tahu dengan pasti barang atau jasa apa yang diproduksi, jumlah barang yang diproduksi dan bagaimana memproduksinya serta pembiayaan.
Dengan adanya pemahaman terhadap unsur-unsur penting dalam ekonomi, yang tentunya tidak bisa dilepaskan dari aktivitas usaha, maka diharapkan suatu usaha dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Tidak ada komentar

_____Untuk Melakukan Permintaan Presentasi Silahkan Hubungi Kami_____

Diberdayakan oleh Blogger.