Aplikasi Bisnis Ini Wajib Dimiliki Pengusaha



A. APLIKASI BISNIS
Aplikasi bisnis yaitu suatu aplikasi komputer atau perangkat lunak komputer untuk menunjang kegiatan bisnis suatu perusahaan. aplikasi ini kebanyakan digunakan untuk bisnis lewat media internet.
Pada dasarnya teknologi informasi (aplikasi bisnis salah satunya) dapat dan memang sebaiknya dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk membuat usahanya semakin efisien, dan mendorong usaha tersebut memiliki daya saing yang lebik dibanding usaha lainnya. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan pelaku usaha diantaranya adalah :
  • Pemasaran bisa lebih luas dan murah (internet marketing)
  • Perubahan desain bisa disimulasikan/dicoba coba dulu tanpa takut rusak, kehabisan bahan, dll (Fotoshop, paint, dll)
  • Promosi bisa lebih menarik
  • Pengelolaan keuangan lebih cepat dan mengurangi risiko penyelewengan (aplikasi akuntansi)
  • Berbagai Informasi pelanggan bisa disimpan
  • Pelayanan bisa lebih cepat, contoh dengan barcode, kasir tidak perlu lagi mengetik kode barang
  • Prediksi penjualan bisa dilakukan
  • Dan masih banyak lagi
Namun demikian, memang tidak semua usaha harus menggunakan bantuan teknologi informasi tersebut, paling tidak jika :
  • Skala usaha masih terlalu kecil (meskipun banyak juga usaha kecil menjadi cepat besar karena memanfaatkan teknologi ini)
  • Biaya yang diperlukan lebih besar dari keutungan yang bisa diperoleh
  • Tidak ada SDM/karyawan yang bisa mengurus atau menanganinya
  • Karakteristik produk yang tidak mungkin dipasarkan secara umum
Lepas dari hal tersebut di atas, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan oleh pelaku usaha untuk mempermudah mengelola usahanya. Disamping tidak perlu membeli (karena ada versi yang gratis), aplikasi tersebut juga relatif mudah digunakan. Beberapa aplikasi tersebut diantaranya adalah :
  1. QSB
    Aplikasi ini bermanfaat untuk membantu pelaku usaha dalam hal :
    • Meramalkan nilai penjualan di masa yang akan datang dengan berbagai metode dan pendekatan
    • Menentukan jumlah produksi yang paling ‘pas’ dan perubahan yang diijinkan
    • Pembagian tugas karyawan yang paling efisien
    • Menentukan lokasi usaha yang paling optimal
    • Menentukan alokasi pengiriman barang
    • Menyelesaiakan masalah antrian yang terjadi
    • Dan masih banyak lagi
  2. QM for Windows
    Aplikasi ini manfaatnya sama dengan aplikasi QSB di atas, namun versi gratisnya sudah tersedia di internet, hanya saja tidak semua fasilitas bisa digunakan.
  3. Invest
    Aplikasi ini bermanfaat untuk pelaku usaha yang memiliki dana mengganggur dan ingin diinvestasikan ke surat berharga (Investasi ini tidak monopoli pengusaha dengan dana besar, UMKM pun bisa). Denga aplikasi ini, pelaku usaha akan dibantu menempatkan dana menganggurnya dengan pertimbangan-pertimbangan yang lebih bisa dipertanggung jawabkan.
  4. CDP
    Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha yang sering dihadapkan pada banyak pilihan, ketika akan memutuskan sesuatu, misalnya :
    • Mesin dengan merk apa yang akan dipilih
    • Jenis transportasi apa yang akan dipakai untuk mengirim barang
    • Pemasok mana yang akan dipilih
    • Bentuk dan bahan kemasan yang akan digunakan, dll
      Dengan aplikasi ini, pelaku usaha akan dibantu menentukan pilihan yang paling memungkinkan (baik), diantara berbagai alternatif pilihan yang ada.
  5. OpenOffice
    Aplikasi ini menjadi pilihan apabila pelaku usaha ingin membuat dan mencetak berbagai dokumen usaha (surat penawaran, daftar barang, dll). Dengan aplikasi ini pula pelaku usaha bisa membuat anggaran, mengevaluasi kinerja/hasil usaha. Pelaku usaha juga bisa melakukan presentasi dengan lebih menarik dengan bantuan aplikasi ini, dan beberapa manfaat penting lainnya.Aplikasi ini menjadi pilihan, bila pelaku usaha tidak memiliki usaha untuk membeli Microsoft Office (Word, Excel, Power point, Access ), atau takun berdosa karena membeli bajakannya.
Aplikasi di atas hanya sebagian kecil dari banyak aplikasi gratis dan mudah, yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengelola usaha, termasuk aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk membantu pelaku usaha dalam memasarkan produknya di internet. Jadi, terbukalah pada kemungkinan ini, usaha menjadi lebih berhasil dengan memanfaatkan berbagai aplikasi komputer yang ada. Bagi pelaku usaha yang mau sedikit lelah, bisa keliling ke universitas-universitas, di sana juga banyak aplikasi-aplikasi gratis yang dibuat oleh mahasiswa yang bisa digunakan untuk membantu mengelola usaha, seperti aplikasi keuangan sederhana untuk UMKM, apalikasi menghitung pajak usaha, dan masih banyak lagi.
B. MANFAAT TIDAK LANGSUNG DENGAN DAMPAK BESAR
Selain manfaat-manfaat nyata yang sudah sering disebut; ada banyak manfaat tidak langsung dari suatu aplikasi bisnis yang memiliki dampak besar.
Berikut ini adalah manfaat-manfaat tidak langsung tersebut, yang didokumentasikan berdasarkan pengalaman nyata yang sudah dialami oleh para pelaku bisnis yang sudah mengunakan aplikasi bisnis (ERP):
  • Memfasilitasi keputusan bisnis yang tepat
    Pendistribusian alokasi biaya yang tepat dan otomatis membantu sebuah perusahaan untuk melakukan terobosan dalam perubahan strategi bisnis yang sangat penting, yaitu dengan melakukan perubahan komposisi penjualan domestik dan ekspor. Keputusan penting ini dibuat berdasarkan informasi biaya produksi yang lebih akurat.
  • Mengoptimalkan persediaan barang dan memberantas kecurangan internal
    Dengan adanya sistem persediaan barang (inventory) yang ‘real-time’ dan transparan, perusahaan dapat menghindari produksi yang berlebihan serta menemukan dan menghindari kerugian yang terjadi karena pencurian barang persediaan.
  • Mengurangi dan meniadakan pencatatan kerugian di laporan keuangan
    Sebuah perusahaan berhasil menemukan kesalahan pelaksanaan suatu proses pencatatan laporan keuangan yang selama ini mengakibatkan dicatatkannya kerugian yang tidak perlu dalam laporan keuangan mereka.
C. APLIKASI BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI
  1. ASPEK PEMASARAN
    • Pengertian Pemasaran
      Pemasaran adalah kegiatan pemasaran untuk menjalankan bisnis (profit/nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.Marketing mix (bauran pemasaran) merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran (Kotler 1999). Secara umum, bauran pemasaran meliputi kegiatan – kegiatan yang berkaitan dengan :
      1). Perencanaan Barang (Product)
      2). Penetapan Harga (Price)
      3). Program Promosi (Promotion)
      4). Saluran Distribusi (Place)
      Sejalan dengan semakin kompetitifnya dunia bisnis, 4-P tersebut berkembang. Pawitra (1993) menegaskan bauran pemasaran meliputi 7-P yaitu product, place, price, promotion, participant, physical evidence dan process. Sedangkan Payne (1993) menyatakan bauran pemasaran terdiri dari product, place, price, promotion, people, processes dan provision of consumer service.
    • Analisis situasi pasar 
      • Perencanaan Barang (Product)
        Atribut – atribut produk adalah sesuatu yang melengkapi manfaat utama produksi sehingga mampu lebih memuaskan konsumen. Adapun atribut – atribut produk meliputi Merk(Brand), Pembungkusan(Packaging), Label, garansi atau jaminan(Warranty) dan produk tambahan (Service).
      • Penetapan Harga (Price)
        Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk (bagi konsumen maupun bagi prdusen) yang umumnya dinyatakan dalam satuan moneter (rupiah, dollar, yen, ruppe, dan sebagainya).
      • Program Promosi (Promotion)
        Promosi adalah pesan yang dikomunikasikan langsung kepada calon pembeli melalui berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi.
      • Saluran Distribusi (Place)
        Salah satu keputusan yang sangat penting sebelum memulai usaha adalah memilih lokasi yang tepat dan strategis sebagai usaha.
    • Segmentasi pasar 
      Segmentasi pasar adalah prose membagi – bagi pasar yang semula berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berperilaku lebih seragam. Tujuan segmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam.Basis segmentasi untuk pasar konsumen yang paling umum dapat digunakan adalah aspek geografis, demografis, psikografis, dan perilaku.
      • geografis
        pasar dapat dibedakan menurut batas – batas wilayah atau daerah seperti propinsi, kota, desa dan lain – lain.
      • demografis
        pasar dapat dibedakan menurut perbedaan kelompok – kelompok seperti umur, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, dsb.
      • psikografis
        pasar dapat dibedakan menurut perbedaan kelompok – kelompok yang berlainan seperti kelas social, sikap, motivasi, persepsi, dsb.
      • perilaku
        perilaku/kebiasaan seperti membeli, mengkonsumsi, dsb.
    • Strategi promosi
      Promosi adalah pesan yang dikomunikasikan langsung kepada calon pembeli melalui berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi. Kegiatan promosi dapat berupa :
      • Iklan (menginformasikan produk pada masyarakat)
      • Penjualan langsung (langsung ke konsumen)
      • Promosi penjualan (untuk membeli lebih banyak produk)
      • Hubungan masyarakat (citra baik tentang produk)
      • Publikasi (promosi gratis)Metode – metode yang dilakukan dalam promosi yaitu :
      • Promosi special
        Misalnya : mengikuti pameran, undian berhadiah, poster/selembaran.
      • Promosi dari mulut ke mulut.
      • Publikasi.
      • Iklan, misalnya TV, radio, majalah, Koran.
      • Penjualan langsung (face to face).
    • Aspek Pesaing
      Komponen lingkungan pesaing meliputi keseluruhan barang dan jasa maupun perusahaan – perusahaan yang menghasilkan produk untuk memperebutkan pasar yang sama. Produk dan perusahaan pesaing dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok. Empat golongan pesaing bagi perusahaan adalah :
      • perusahaan – perusahaan yang memproduksi barang – barang dan atau harga yang relatif sama. Contoh : Pesaing dari Honda adalah Toyota, Peugeot maupun Mitsubishi, BMW, Volvo maupun Mercedes adalah bukan pesaingnya karena termasuk mobil – mobil mewah.
      • perusahaan – perusahaan yang bergerak dalam industri yang sama, atau membuat barang – barang pada kelas yang sama. Contoh : Pesaing Honda sekarang adalah semua perusahaan mobil (termasuk mobil – mobil mewah).
      • perusahaan yang memproduksi barang – barang untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan konsumen yang sama. Contoh : Pesaing Honda sekarang tidak hanya seluruh perusahaan mobil tetapi juga perusahaan yang memproduksi jasa transprotasi, misal kereta api, taksi, biskota, sepeda, pesawat terbang bahkan juga pejalan kaki.

Oleh : Faqih Fauzi

Tidak ada komentar

_____Untuk Melakukan Permintaan Presentasi Silahkan Hubungi Kami_____

Diberdayakan oleh Blogger.