Pentingkah Aplikasi Stok Barang Untuk Perusahaan Dagang?




Memiliki bisnis tak hanya fokus pada pemasarannya, tetapi juga pada kondisi keuangan dan cara mengaturnya. Untuk itu, penting sekali untuk memiliki aplikasi stok barang terutama pada perusahaan dagang. Perusahaan dagang harus bisa menyusun segala perencanaan pada kegiatan perusahaan sebagai salah satu dasar pembuatan keputusan dengan menganalisa laporan keuangan. Penyususnan laporan keuangan melalui siklus akuntansi dari pengumpulan bukti transaksi hingga pencatatan sampai terbentuknya laporan keuangan. Hal ini akan menjadi sulit jika Anda tidak mengetahui siklus akuntansi.
Kini, sudah banyak sekali aplikasi stok barang dan akuntansi yang bisa membantu pekerjaan Anda dalam proses penyusunan laporan keuangan. Di artikel ini akan banyak membahas tentang penyediaan laporan keuangan pada perusahaan dagang.


Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang memiliki kegiatan usaha berupa transaksi pembelian lalu di produk akan dijual kembali tanpa mengubah bentuk. Beberapa yang digolongkan dalam perusahaan dagang seperti toko swalayan, toko retail, distributor, toko belanja grosir, dll. Manajemen persediaan atau stok (inventory) adalah hal yang terpenting dalam perusahaan dagang, karena nantinya akan tersajikan laporan stok dan laporan keuangan sehingga pelaku bisnis bisa mengambil keputusan bisnis tersebut.
Dalam bidang bisnis terutama pada perusahaan dagang, kebutukan akan laporan keuangan dalam hal persediaan dan laporan akuntnasi adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini karena kedua laporan tersebut adalah hal penting bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan dagang. Alasannya karena persediaan barang adalah aktiva perusahaan yang utama karena mayoritas modal atau kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan dagang berwujud barang.
Hal yang tak kalah penting selain menggunakan aplikasi stok barang adalah laporan keuangan. Laporan keuangan yang buruk lalu tidak tersusun rapi serta tidak tercatat dengan baik akan berdampak pada kondisi keuangan perusahaan. Maka, jika laporan keuangan yang Anda miliki tidak cukup akurat, maka akan berdampak pada kesalahan dalam pengambilan keputusan yang cukup stratgeis yang nantinya akan mengakibatkan kerugian bagi usaha bisnis tersebut. Selain itu, aka nada banyak perusahaan yang bangkrut dikarenakan kesalahan dalam pengambilan keputusan.

Jenis Aplikasi Stok Barang Laporan Keuangan

Untuk pebisnis yang baru mengetahui tentang bidang akuntansi, aplikasi atau software akan jauh membantu Anda dalam penyusunan laporan yang tentu akan sangat dibutuhkan. Terdapat dua jenis software atau aplikasi penyedia laporan keuangan bagi perusahaan dagang, yakni aplikasi stok barang dan software akuntansi.
  • Aplikasi stok barang adalah aplikasi atau software yang bisa mengontrol aktivitas jual beli untuk aneka jenis barang yang juga dilengkapi dengan laporan stok. Contoh aplikasi stok barang tersebut antara lain software point on sale atau software yang umum kita temukan di kasir pada toko pembelanjaan.
  • Software akuntansi adalah perangkat lunak yang didesain untuk memudahkan aktivitas dan pencatatan akuntansi dengan memanfaatkan konsep modularitas atas berbagai aktivitas yang serupa pada modul spesifik, antara lain:
  1. Pembelian atau Account Payable
  2. Penjualan atau Account Receivable
  3. Penggajian
  4. Buku Besar, dll
Kini, banyak sekali perusahaan khususnya yang bergerak dibidang perusahaan dagang menggunakan aneka macam aplikasi stok barang atau software akuntansi terbaik untuk mendukung aneka kegiatan operasional perusahaan sehingga bisa menghasilkan laporan yang sangat akurat. Selain itu, juga bisa menghasilkan keputusan bisnis yang tepat sesuai dengan kondisi perusahaan pada saat itu.
Baik aplikasi stok barang atau software akuntansi, keduanya sangat penting untuk perusahaan dagang dan untuk keberlangsungan bisnis tersebut. Berikut ulasan tersebut:
  • Aplikasi Stok Barang untuk Perusahaan Dagang
Dalam sebuah perusahaan dagang, stok barang adalah barang yang dibeli dengan tujuan untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk dan kualitas. Anda mungkin hanya mengambil selisih dari penjualan untuk mendapatkan keuntungan.
Bagi perusahaan dagang yang mengutamakan pengeloaan barang, maka aplikasi stok barang sangat harus dipakai untuk mengelola stok barang yang adalah aset utama dalam sebuah perusahaan. Anda bisa mendapatkan laporan yang sangat detail dari setiap barang yang ada, entah itu dari segi keakuratan jumlah barang hingga distribusi barang dan produk mana saja yang paling banyak dibeli orang, hingga produk mana yang paling menghasilkan keuntungan tinggi.
Dengan adanya aplikasi stok barang tentu Anda bisa mengontrol manajemen stok lebih baik, namun tetapkan membutuhkan SDM yang mampu menjalankannya dan bertanggung jawab akan hal tersebut. Selain  aplikasi yang bagus juga harus mendapatkan dukungan SDM terbaik, sehingga laporan keuangan yang dihasilkan juga sangat akurat.
  • Software Akuntansi Perusahaan Dagang
Software akuntansi dirancang untuk memudahkan penggunanya dalam proses penyusunan laporan keuangan seperti laporan laba rugi, laporan neraca, laporan perubahan modal, laporan arus kas, dll. Dengan menggunakan software ini maka akan memudahkan Anda untuk mendapatkan laporan keuangan yang dibutuhkan dalam jangka waktu yang cukup cepat. Jika proses penyusunan laporan keuangan dilakukan secara manual, maka Anda mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan laporan keuangan seperti laporan laba rugi, laporan neraca sesuai dengan periode yang ditentukan.

Manfaat Software Akuntansi Zahir Accounting

Manfaat menggunakan Software Akuntansi Zahir Accounting untuk perusahaan dagang:
  • Memudahkan untuk Menghitung Stok Barang
Dengan software akuntansi Zahir, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi jumlah stok yang tersedia secara realtime. Anda hanya tinggal memasukkan pembelian dan penjualan barang maka laporan keuangan akan terbentuk secara otomatis.
  • Mengendalikan Hutang Piutang Mudah
Anda bisa mengetahui jumlah utang piutang yang jatuh tempo, lalu siapa saja yang harus ditagih dan dibayar dengan fitur reminder.
  • Mengetahui Produk Terlaris
Anda juga bisa mengetahui produk mana yang terlaris karena ada fasilitas inventory pada Zahir Accounting. Fasilitas ini bisa menyajikan informasi yang cukup lengkap tentang stok atau persediaan, seperti produk terlaris, produk menguntungakan, slow moving, dll.
  • Mengetahui Kinerja Perusahaan
Anda bisa melihat trend perubahan laba dan rugi dari waktu ke waktu. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menganalisa dan menilai kinerja perusahaan.
  • Mengetahui Kondisi Keuangan
Software Zahir juga memberikan kemudahan untuk membuat dan menyajikan laporan keuangan secara lengkap, seperti laporan laba rugi, neraca, arus kas hingga persediaan barang dan analisis barang. Tersedia juga grafik interaktif dan analisa bisnis untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis.

Tidak ada komentar

_____Untuk Melakukan Permintaan Presentasi Silahkan Hubungi Kami_____

Diberdayakan oleh Blogger.