Karyawan Bekerja di Rumah, Mengapa Tidak?


Karyawan Bekerja di Rumah, Mengapa Tidak?

work from homePerkembangan dunia teknologi dan informasi memungkinkan kita dapat bekerja di mana saja, tak terkecuali di rumah. Untuk Anda yang mempunyai usaha di bidang jasa, Anda dapat mencoba satu mekanisme kerja dimana karyawan Anda dapat bekerja di rumah masing-masing atau dimana pun tanpa harus selalu ke kantor setiap hari. Memperkenankan karyawan Anda bekerja di rumah, bukan berarti lantas anda tidak perlu punya kantor fisik. Kantor dalam bentuk fisik masih tetap diperlukan, sebagai sarana untuk koordinasi, dan legalitas administrasi dari sebuah perusahaan. Ada beberapa keuntungan jika Anda memperkenankan karyawan bekerja di rumah, diantaranya adalah:
  1. Menghemat biaya operasional kantor seperti listrik, telpon, air dan kebersihan.
  2. Mengurangi tingkat stress karyawan yang harus terjebak macet setiap harinya.
  3. Meningkatkan produktifitas kerja, karena waktu mereka menjadi lebih produktif tidak perlu menghabiskan waktu lama diperjalanan.
  4. Menghemat biaya transportasi karyawan, karena tidak perlu kekantor.
Namun untuk melakukan hal ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pelaku usaha. Hal ini dikarenakan pola kerja seperti ini, masih merupakan hal yang tidak biasa. Alih-alih untuk meningkatkan efektifitas dan efisien kerja, malah justru memperlambat kerja perusahaan. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain:
  1. Tersedianya infrastruktur berupa hardware dari karyawan untuk bekerja dirumah, seperti Komputer/Laptop, webcam, headset, koneksi internet, dan akses listrik.
  2. Tersedianya infrastruktur berupa softawre dari karyawan untuk bekerja dirumah, email, aplikasi video confrenece, aplikasi sharing file.
  3. Tersedianya JOBDESK yang jelas, SOP, serta KPI bagi para karyawan agar mereka dapat bekerja dari rumah.
  4. Para karyawan haruslah sudah dilatih untuk menjalankan mekanisme proses kerja dari rumah.
Untuk tim marketing dan sales,  kegiatan rapat dengan klien atau calon klien tentu saja perlu dilakukan pertemuan secara fisik. Namun kita dapat mengedukasi klien dan calon klien dengan melakukan meeting menggunakan video conference, atau dengan melakukan webinar untuk calon klien.
Adapun jika ada karyawan yang tetap ingin bekerja dikantor, dipersilahkan saja. Apalagi jika mereka sudah mulai bosan jika bekerja di rumah. Jika menurut Anda memperkenankan karyawan bekerja di rumah adalah baik untuk bisnis Anda. Anda dapat memberikan kompensasi khusus bagi mereka yang bekerja di rumah, dan dapat bekerja sesuai target perusahaan.
Dan untuk proses kerja dapat berjalan dengan baik, dalam beberapa periode tertentu, seperti 2 minggu sekali atau sebulan sekali para karyawan diwajibkan untuk hadir dikantor untuk melakukan koordinasi dengan manajemen perusahaan.
Bagaimana menurut Anda ? Apakah hal ini memungkinkan untuk dilakukan pada usaha Anda ?

Tidak ada komentar

_____Untuk Melakukan Permintaan Presentasi Silahkan Hubungi Kami_____

Diberdayakan oleh Blogger.