Kenapa Bisnis Membutuhkan Akuntansi ?


KENAPA BISNIS MEMBUTUHKAN AKUNTANSI?

Mungkin sebagian orang masih banyak yang belum mengetahui bahwa kenyataannya akuntansi mempunyai peran yang sangat penting dalam dunia bisnis. Sama hal nya dengan dunia ekonomi yang mana berkaitan erat dengan keuangan sehingga setiap pengambilan keputusan yang akan dilakukan haruslah sesuai dengan informasi keuangan maupun akuntansi pada perusahaan tersebut.
Sehingga dapat kita simpulkan secara singkat bahwa sebenarnya segala macam profesi serta bidang tentu mempunyai kaitan yang erat dengan dunia akuntansi sehingga tidak dapat kita pungkiri bahwa keberadaan akuntansi sangat dibutuhkan di dalam dunia bisnis.
Kenapa Bisnis Membutuhkan Akuntansi?
Kenapa Bisnis Membutuhkan Akuntansi?
Source Gambar: pcmag

Lalu, bagaimana peran akuntansi di dalam dunia bisnis?

Salah satu contoh yang dapat membantu dalam menjawab pertanyaan diatas dan sangat sering kita temukan yaitu akuntansi akan memberi berbagai informasi serta jawaban yang berkaitan dengan segala macam kegiatan keuangan pada suatu bisnis yang mana informasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh para manajerial di dalam suatu perusahaan.


Tidak hanya itu saja, akuntansi juga mampu memberikan informasi kepada berbagai pihak yang berada di luar dari perusahaan yang bersangkutan, yang mana informasi – informasi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai penilaian performa ataupun kinerja dari perusahaan tersebut pada saat menjalankan bisnisnya.
Sebagai suatu sistem informasi maka tentunya akuntansi akan sangat dibutuhkan bagi para pihak intern maupun ekstern perusahaan. Secara umum, pihak – pihak yang membutuhkan informasi akuntansi diantaranya yaitu:
Manajer, dimana informasi akuntansi dibutuhkan dalam melakukan penyusunan perencanaan pada suatu perusahaan, mengevaluai kemajuan yang dicapai pada suatu perusahaan dan melakukan tindakan koreksi yang dibutuhkan.
Investor, membutuhkan data informasi suatu perusahaan ataupun organisasi agar dapat menganalisa perkembangan dari perusahaan yang bersangkutan supaya dapat melakukan penanaman modal dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.
Instansi Pemerintah, berdasarkan dari informasi keuangan pada suatu perusahaan maupun organisasi maka pemerintan akan dapat melakukan penetapan berapa besarnya pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.
Kreditor, membutuhkan data akuntansi dengan tujuan untuk memberikan kredit kepada calon nasabah yang dianggap mampu mengembalikan pokok pinjaman beserta bunganya sesuai tempo waktu yang ditentukan.
Organisasi Nirlaba, meskipun organisasi ini tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan namun informasi keuangan juga dibutuhkan untuk melakukan penyusunan anggaran, membayar karyawan serta membayar beban lainnya.
Pemakaian Lainnya, informasi akuntansi juga sangatlah dibutuhkan bagi organisasi lainnya seperti organisasi buruh yang membutuhkan informasi akuntansi dalam mengajukan kenaikan gaji, tunjangan dan mengetahui kemampuan perusahaan dimana mereka bekerja.
Maka dari itu peran akuntansi dalam bisnis yaitu agar dapat memberikan informasi yang bisa digunakan oleh para manajer dalam menjalankan operasi pada suatu perusahaan. Selain itu akuntansi juga memberikan informasi kepada pihak lain yang berkepentingan dalah hal penilaian kinerja serta kondisi ekonomi pada suatu perusahaan.
Secara umum, akuntansi memiliki fungsi seperti:
  • Untuk mengetahui informasi penting untuk manajemen
  • Menghitung laba maupun rugi yang dicapai pada suatu perusahaan
  • Membantu dalam melakukan penetapan hak pada tiap – tiap pihak berkepentigan dalam perusahaan baik itu intern maupun ekstern
  • Melakukan pengendalian atau pengawasan terkait aktivitas perusahaan
  • Untuk menunjukan hal apa saja yang telah dilakukan pada suatu perusahaan guna mencapau target yang telah di tetapkan.
Fungsi akuntansi di dalam bisnis juga memiliki tujuan dalam penyediaan informasi yang andal sebagai dasar dalam pengambilan suatu keputusan sehingga dengan demikian fungsi akuntansi dalam bisnis adalah sebagai berikut:
  • Memberikan informasi terkait keuangan bisnis
  • Sebagai pengalokasian sumber daya langka sehingga pengguna informasi mampu memutuskan kemana modal harus di salurkan
  • Pelaporan pertanggung jawaban kinerja manajemen kepada pemiliknya
  • Agar dapat mengetahui perkembangan perusahaan
Laporan keuangan yang didapatkan berdasarkan dari informasi akuntansi akan disusun supaya mampu menyediakan informasi relevan berkaitan dengan posisi keuangan serta seluruh transaksi yang dilakukan oleh suatu entitas pelaporan selama satu periode pelaporan.
Akuntansi terdiri dari tiga fungsi utama, yaitu:

Fungsi Penginputan

Yang pertama, akuntansi akan menyediakan input yang memadai berupa transaksi seperti peristiwa ataupun kejadian yang dapat terjadinya perubahan dana pada suatu perusahaan atau bisnis.

Fungsi Pemrosesan

Selanjutnya akuntansi akan melakukan pengelolaan setiap data yang diinputkan agar dapat menghasilkan informasi yang berkualitas. Umumnya proses – proses ini dapat berupa pencatatan yang terdiri dari penjurnalan serta pemindah bukuan.

Fungsi Pengoutputan

Yang terakhir, akuntansi akan menyajikan informasi dana sesuai dengan kebutuhan para pengguna supaya bisa bermanfaat dalam pengambilan suatu keputusan dalam bisnis atau perusahaan.
Pada zaman modern seperti saat ini, untuk membuat suatu laporan keuangan ataupun pencatatan akuntansi tidaklah harus dilakukan secara tradisional dan oleh orang – orang yang ahli di dalam bidang akuntansi. Apabila kalian adalah seorang pemilik bisnis yang tidak memiliki pengetahuan tentang akuntansi maka saat ini telah terdapat software akuntansi yang akan membantu Anda dalam melakukan pencatatan keuangan bisnis Anda.
Selain itu, Anda pun tidak perlu khawatir bagaimana cara melakukan pencatatan agar dapat terlihat rapih sebab software akuntansi akan membantu Anda menyelesaikan permasalahan pencatatan keuangan untuk bisnis Anda.
Salah satu software akuntansi yang sangat popular adalah software akuntansi Zahir Accounting. Dengan tampilannya yang user friendly maka Anda akan dengan mudah menggunakannya. Selain itu, saat ini Zahir telah merilis software akuntansi berbasis cloud yaitu Zahir Online yang mampu memberikan informasi mengenai laporan keuangan usaha Anda secara real time dan akan dengan mudah terintegrasi antar cabang bisnis atau perusahaan Anda.

Tidak ada komentar

_____Untuk Melakukan Permintaan Presentasi Silahkan Hubungi Kami_____

Diberdayakan oleh Blogger.