Mengenal Peluang Usaha Jasa Pembukuan Sebagai Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan

Peluang Jasa Pembukuan yang Menjanjikan

Jasa Pembukuan. Perusahaan kecil bertebaran di berbagai kota di Indonesia, dan kebanyakan dari mereka dikelola oleh mereka secara sederhana dan jau dari kata professional. Sebagian karena keterbatasan kemampuan dan sebagian lagi karena keterbatasan waktu yang mereka miliki. Atau juga bisa dikarenakan menghemat biaya. Dari sini anda bisa mendapatkan sebuah celah untuk bisnis sampingan.
Berbisnis tanpa pembukuan ibarat menjelajahi belantara tak dikenal tanpa peta. Pembukuan bagi sebuah perusahaan sifatnya mutlak karena dari pencatatan keuangan ini mereka bisa melakukan penelusaran, pengawasan hingga perencanaan dalam bisnis anda. Jika tidak mencatat setiap transaksi usahanya, bagaimana si pebisnis bisa mengetahui seberapa besar untung atau rugi yang ia derita? Pebisnis juga akan kesulitan melakukan perencanaan, jika tak memiliki buku keuangan. Kebutuhan untuk memiliki pembukuan akan semakin terasa saat si pembisnis harus berurusan dengan pihak lain. Jika ia ingin meminta kredit pada bank, tentulah ia harus menyerahkan berbagai laporan keuangan. Keharusan menyusun pembukuan juga diberlakukan untuk pengusaha yang sudah berstatus wajib pajak.
Kenyataannya, tidak semua pebisnis paham dengan aturan pembukuan. Bagi mereka yang sudah punya skala usaha besar, solusi yang paling ideal tentunya merekrut mereka yang mengerti tata cara pembukuan dan akuntansi. Namun bagaimana dengan pebisnis yang baru di tahap berkembang dan memiliki modal kerja terbatas?
Dan disisi lain, kebanyakan pelaku usaha kecil sudah terlalu sibuk dengan urusan produksi dan penjualan sampai mereka tidak lagi punya cukup waktu untuk duduk manis dibelakn meja dan mencatat aktivitas keuangan mereka, penjualan dan pembelanjaan mereka, uang masuk dan uang keluar.
Mengenal Peluang Usaha Jasa Pembukuan
Mengenal Peluang Usaha Jasa Pembukuan
Source Gambar: consultantindonesia
Situasi seperti inilah yang membuka peluang bagi anda yang memiliki latar belakang pendidikan akuntansi, terutama sarjana akuntansi. Kemampuan dan tenaga anda dibutuhkan disini untuk membuat sistem pencatatatan yang efektif hingga sampai pada pelaporan. Bahkan pada tingkat yang lebih tinggi, anda bisa membantu konsumen anda untuk mengelola keuangan dari segala didi secara lebih spesifik.
Menjalankan jasa pembukuan tidak perlu mengikat diri pada sebuah usaha. Artinya hubungan anda hanya ikatan kerjasama dan bukan ikatan karyaawan, maka anda bisa menjalankannya sebagai bentuk bisnis sampingan. Anda kerjakan di waktu luang anda, di luar jam kerja anda dengan aktivitas utama anda. Bahkan dalam skala tertentu, anda juga memungkinkan menjalankan bisnis ini secara online. Banyak bisnis layanan komersial menggunakan work order management untuk mengelola jadwal teknisi dan staf lainnya. Hal ini dioptimalkan untuk melacak kinerja karyawan perusahaan sangat diperlukan untuk perusahaan jasa.Anda membutuhkan perangkat pembukuan dan akuntansi yang dirancang untuk penyedia jasa juga menawarkan berbagai sistem pendukung manajemen keuangan. Fitur akuntansi mencakup kemampuan untuk mencetak cek, membayar tagihan, melacak pengeluaran, mengelola gaji, membuat pesanan dan faktur, mengelola piutang, membuat anggaran, melakukan rekonsiliasi bank, dan membuat laporan keuangan untuk kebutuhan bisnis Anda.
Lalu pelayanan macam apa yang bisa anda berikan untuk mereka? Berikut ini beberapa jasa pembukuan yang bisa anda tawarkan ke pasar.

Catatan aktivitas aliran kas

Memberikan informasi mengenai sumber penerimaan dan pengeluaran kas yang berfungsi untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban serta menghasilkan arus kas bersih di masa depan. Pada dasarnya aktivitas keuangan dasr dalam sebuah usaha terbagi dalam aliran kas, penjualan(kas dan krediit), pembelian produk/bahan baku, biaya produksi dan biaya pengelolaan lain. Salah satu lini yang sifatnya sangat penting dalam sebuah usaha adalah catatan aliran kas, yakni uang masuk dan uang keluar yang penting untuk mengetahui tiingkat likuiditas usaha.

Catatan aktivitas keuangan general

Sesuai dengan penjelasan diatas mengenai 5 lini penting keuangan usaha, maka disini ke lima aspek tadi harus dicatat dalam jurnal terpisah dengan tujuan pelaporan akhir secara utuh, yakkni laporan Laba Rugi dan laporan Neraca Keuangan.
Laporan laba rugi berguna untuk mengetahui laba (rugi) usaha dari masing-masing penjualan barang berikut harga pokok penjualan secara detail.
Besar biaya usaha juga dapat diketahui yang mempengaruhi besarnya laba usaha yang akan diperoleh. Berdasarkan Neraca dapat diketahui komposisi dari masing-masing pos serta tingkat kesehatan usaha yang dapat dianalisa dengan Analisa Keuangan.

Laporan Persediaan

Ini satu aspek yang kadang kurang diperhatikan oleh pengelola usaha kecil, padahal menjadi satu titik penting dalam proses produksi dan kontrol kualitas. Disini jasa pembukuan akan mencatat barang masuk dan keluar gudang, pengkategorian barangdalam gudang, termasuk nilai ekonomi dari setiap barang dalam gudang. Bahkan bila memang dibutuhkan, mungkin mengatur sistem keluar masuk gudang. Mutasi persediaan barang dapat diketahui beserta jumlah pembelian dan penjualan dari masing-masing produk.

Efesiensi HPP

Selama ini banyak pelaku usaha menghitung biaya produksi secara general dengan konsep perhitungan yang kasar. Cara ini kadang membuat biaya tidak terungkap semua atau malah biaya yang seharusnya tidak masuk menjadi masuk dalam perhitungan. Ini membuat HPP tidak efisien dan tidak akurat. Anda bisa memberikan jasa anda untuk membuat perhitungan HPP secara lebih akurat dan efisien.

Perhitungan budget dan perencanaan

Kadang pelaku uusaha berniat mengembangkan bisnisnya, Anda bisa memberikan jasa untuuk membantu menghitung rencana usaha ini dan budget yang diperlukan untuk menjalankan program tersebut. Perhitungan Anda akan menempati posisi penting dalam proposal usaha.

Laporan Pembelian

Setiap pembelian produk tercatat secara detail, bahkan dapat diketahui batasan nominal pembelian produk yang dibedakan dengan warna.

Laporan Penjualan

Mencakup berbagai penjualan secara detail sehingga terangkum dalam total penjualan selama 1 bulan.

Laporan Hutang

Perincian hutang dagang kepada tiap supplier dapat diketahui secara lengkap beserta dengan masing-masing jumlah pembelian dan pelunasannya.

Laporan Piutang

Perincian piutang dagang kepada tiap pelanggan dapat diketahui secara lengkap beserta dengan masing-masing jumlah penjualan dan pelunasannya.

Grafik Usaha

Laporan dapat dilihat secara lebih jelas menggunakan berbagai grafik sehingga memudahkan untuk memahami bisnis Anda.
Pembukuan sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis. Karena jika tanpa pembukuan maka pengusaha akan kesulitan dalam mengatur keuangan. Pembukuan membuat bisnis lebih teratur dan tertata rapi membuat management lebih baik.

Tidak ada komentar

_____Untuk Melakukan Permintaan Presentasi Silahkan Hubungi Kami_____

Diberdayakan oleh Blogger.