Cara Menghitung Keuntungan Dalam Berdagang



Memiliki sebuah bisnis, pastilah keuntungan yang ingin kita dapat. Namun, mendapatkan keuntungan tak semudah membuka usaha bisnis. Ada banyak cara atau startegi yang harus dilakukan. Selain strategi dalam meningkatkan keuntungan bisnis, Anda juga harus bisa tahu cara menghitung keuntungan dalam berdagang. Sebelum menghitungnya, maka Anda harus mengetahui biaya produksi yang nantinya akan ditanggung. Setelah menntukan biaya yang dikeluarkan, maka Anda bisa menetapkan berapa harga jual ke konsumen. Menentukan harga juga bisa sangat berpengaruh pada keuntungan dan balik modal.
Unsur Pokok Keuntungan Dalam Berdagang
Begini unsur pokok cara menghitung keuntungan dalam berdagang yang bisa Anda lakukan:
  1. Pendapatan
Pendapatan yakni pertambahan nilal aktiva yang membuat nilai modal menjadi bertambah. Ada dua jenis pendapatan, yakni pendapatan usaha dan pendapatan di luar usaha.
Pendapatan usaha didapat perusahaan atau bisnis dari aktivitas utama bisnis itu sendiri, seperti pendapatan penjualan produk atau jasa.
Pendapatn luar usaha didapat perusahaan atau bisnis dari aktivitas diluar usaha perusahaan seperti pendapatan sewa atau bunga.
  1. Beban
Beban merupakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk meraih hasil yang ekonomis. Pengeluaran biaya ini menjadikan modal berkurang. Ada dua macam dalam sebuah biaya antara lain beban usaha dan beban diluar usaha.
Beban usaha yakni biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membiayai semua aktivitas utama perusahaan tersebut, seperti beban listrik, beban telepon, beban gaji, beban administrasi dan beban transportasi.
Beban diluar usaha yakni biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk membiyai kegiatan diluar kegiatan utama perusahaan seperti beban bunga.
Langkah Cara Menghitung Keuntungan Dalam Berdagang
Berikut Langkah cara menghitung keuntungan dalam berdagang:
  • Identifikasi Setiap Item Biaya Produksi
Pada langkah pertama ini diawali dengan proses identifikasi item biaya produksi. Langkah ini harus dilakukan secara detail dan menghitung catatan biaya dari tiap alur selama terjadi proses produksi.
Jenis Biaya Produksi
Berikut jenis biaya produksi:
  • Biaya Tetap (Fixed Cost)
Biaya tetap merupakan biaya yang jumlahnya tetap, namun tidak tergantung pada besar atau kecilnya kapasitas suatu produksi. Contohnya adalah biaya gaji karyawan, biaya penyusutan dan biaya sewa gedung.
  • Biaya Variabel (Variable Cost)
Biaya variable merupakan pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dengan satuan uang untuk mencapai suatu tujuan.
  • Menyusun Laporan Laba Rugi
Setelah mengidentifikasi, maka susun laporan laba rugi. Laporan ini menyajikan sumber pendapatan dan beban pada perusahaan dagang selama periode akuntansi.
Cara Menghitung Laba Rugi
Begini cara menghitung laba rugi perusahaan:
Laba bersih = laba kotor – beban usaha.
Sangat penting untuk menyusun laporan laba rugi ini agar Anda bisa menetapkan berapa harga jual nantinya kepada konsumen. Menentukan harga jual juga akan berpengaruh pada seberapa banyaknya Anda menikmati keuntungan dan mencapai balik modal.
  • Hitung Biaya Pembentuk Harga Pokok Penjualan
Menentukan harga jual yang layak tidak bisa sembarangan, Anda harus terlebih dahulu mengetahui harga pokok yakni biaya untuk mendapatkan barang tersebut. Biaya itu ditambah dengan biaya lain dan keuntungan yang diinginkan, maka muncullah harga jual.
Pendekatan harga pokok produk seperti ini mengacu pada harga pokok penjualan keselueuhan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan barang yang dijual atau harga didapat dari barang yang dijual.
Rumus untuk HPP adalah:
HPP = Bahan baku yang digunakan + Total produksi ( BTKL + Overhead pabrik ) + Saldo akhir persedian (saldo awal persedian – saldo akhir persedian )
Dalam hal menetapkan dan juga menaikkan harga jual produk, maka Anda sebaiknya jeli dalam melihat daya beli konsumen yang menjadi target market Anda. Jika target konsumen berasal dari kalangan berpenghasilan menengah kebawah, maka bisa memberikan kenaikan harga produk yang sangat berpengaruh terhadapa usaha bisnis Anda, alhasil konsumen tersebut akan lebih memilih produk dari pesaing Anda.
Pada dasarnya, harga pokok penjualan adalah hasil penghitungan semua biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi hingga ke gudang atau menjadi status persediaan. Bagi bisnis usaha dagang, maka harga pokok penjualan adalah akumulasi keseluruhan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan Anda.
  • Identifikasi Saldo Persediaan Awal & Akhir
Dalam tahapan saldo awal ini Anda harus menghitung saldo awal pada persediaan bahan baku. Saldo awal tersebut adalah total nilai persediaan bahan baku diawal periode yang dihitung, dalam hal ini awal bulan untuk bulanan dan awal tahun untuk tahunan. Saldo awal periode tersebut sama dengan saldo akhir periode sebelumnya, Anda bisa melihatnya di neraca, sedangkan per jenis bahan baku bisa dilihat pada buku persediaan dan kartu stok.
  • Menghitung Penjualan Bersih
Langkah cara menghitung keuntungan dalam berdagang selanjutnya adalah dengan menghitung penjualan bersih. Penjualan dalam perusahaan dagang yang Anda jalani sekarang sebagai salah satu unsur pendapatan perusahaan. Penjualan bersih ini adalah hasil penjualan kotor sesudah dikurangi dengan banyak potongan dan pengurangan lainnya yakni total pendapatan penjualan dikurangi faktor-faktor pengurang, antara lain retur, komisi dan diskon.
Berikut unsur pada penjualan bersih, antara lain:
  • Penjualan kotor
  • Retur Penjualan
  • Potongan penjualan
Penjualan bersih
Penjualan bersih = penjualan – retur penjualan dan pengurangan harga – potongan penjualan
Mengetahui cara menghitung keuntungan dalam berdagang sangatlah penting untuk pelaku bisnis. Maka, Anda bisa melacak seberapa besar keuntungan yang Anda hasilkan. Jikapun mendapatkan keuntungan atau laba, maka jumlah tepatnya bisa Anda ketahui secara langsung. Hal yang sama jika usaha bisnis mengalami kerugian. Namun, bagi Anda yang masih awam dalam cara menghitung keuntungan dalam berdagang, maka ada banyak pilihan penggunaan metode penghitungan.
Menggunakan software akuntansi seperti Zahir yang bisa membantu Anda menghitung keuntungan dalam berdagang. Semua fiturnya sangat mudah sehingga Anda bisa dengan praktis membuat laporan keuangan.

Tidak ada komentar

_____Untuk Melakukan Permintaan Presentasi Silahkan Hubungi Kami_____

Diberdayakan oleh Blogger.