Aplikasi Pembukuan – Cara Nyaman Membuat Laporan Keuangan


Aplikasi Pembukuan – Cara Nyaman Membuat Laporan Keuangan

Pada awal merintis usaha, seringkali ditemui pelaku usaha hanya fokus pada produk dan pemasaran. Hal ini lumrah karena pemilik usaha harus melakukan penetrasi pasar agar produknya dikenal. Sehingga mereka seringkali melupakan laporan keuangan usaha yang seharusnya dibuat sejak awal. Jamak terjadi mereka baru menyadarinya ketika usaha sudah mulai berkembang, transaksi semakin besar, dan stok yang bertambah, namun keberadaan dana atau stok tidak dapat diketahui secara akurat. Inilah yang akan menyebabkan tersendatnya suatu usaha bahkan dapat mengakibatkan kebangkrutan.
Idealnya, pada saat membuka usaha hendaknya diberlakukan juga pembukuan usaha. Pembukuan atau pencatatan keuangan ini harus dilakukan secara kontinyu, dimana didalamnya termasuk pencatatan harta, kewajiban, modal, penghasilan dan biaya, serta pendapatan yang digunakan sebagai dasar dalam menyusun neraca dan laporan laba rugi. Melalui pembukuan usaha ini, maka pemilik dapat memantau dan mengevaluasi kondisi keuangan usahanya.

Sayangnya, tidak semua pelaku usaha memahami masalah pembukuan usaha ini. Tidak heran jika ada yang menganggap masalah pembukuan ini adalah pekerjaan yang rumit dan harus dikerjakan oleh tenaga yang mumpuni.
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, saat ini sudah tersedia jawaban bagi kesulitan yang dihadapi oleh pelaku usaha. Sebuah aplikasi pembukuan dibuat untuk mempermudah aktivitas pencatatan keuangan. Dengan aplikasi ini maka pengguna dapat dengan mudah mencatat transaksi dan membuat sendiri pembukuan usahanya, meskipun tidak memiliki ilmu akuntansi yang mendalam. Keberadaan aplikasi pembukuan ini tentunya akan membuat pengusaha semakin percaya diri dalam menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan yang dihadapi dalam usahanya.
Salah satu aplikasi pembukuan yang sudah banyak digunakan oleh pelaku usaha adalah Zahir Accounting. Zahir Accounting merupakan aplikasi pembukuan keuangan yang user friendly, fleksibel, tepat guna, serta hemat waktu. Pengguna dapat mencatat seluruh informasi keuangan kedalam satu aplikasi yang terintegrasi. Aplikasi pembukuan ini tidak hanya merekam transaksi bisnis, namun juga akan mempermudah pelaku usaha dalam hal pengambilan keputusan, meningkatkan layanan terhadap pelanggan, serta hemat waktu.

Kelebihan Aplikasi Pembukuan

Beberapa kelebihan dari aplikasi pembukuan adalah:
  • Memaksimalkan efisiensi dan produktifitas.
  • Meminimalkan kesalahan dalam input data.
  • Dasboard interaktif sehingga memudahkan pengambilan keputusan.
  • Laporan keuangan otomatis terbuat.

Kelebihan Aplikasi Pembukuan Zahir Accounting

Aplikasi pembukuan Zahir Accounting memiliki banyak keunggulan, diantaranya:
  • Mudah mengelola persediaan.  Fitur ini akan membantu pelaku usaha untuk dapat melakukan stock opname, mencetak kartu stok, melacak penjualan setiap barang, dan mengetahui keuntungan penjualan per barang.

Kartu Stok – Aplikasi Pembukuan Zahir Accounting


Mengelola pembayaran hutang dan piutang.  Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengelola piutang usaha, mencetak laporan umur piutang, membuat surat tagihan. Hanya dengan memilih nama pemasok, nomor faktur, dan jumlah yang dibayar, maka catatan pembayaran tagihan dari pemasok akan otomatis terekam.



Hutang Piutang – Aplikasi Pembukuan Zahir Accounting


  • Aplikasi ini banyak membantu dalam hal menentukan pembayaran yang harus dilakukan, dimana pengguna dapat:
    – menghemat waktu dan tenaga untuk memantau pembayaran dari vendor
    – efektivitas yang meningkat dengan entry data yang cepat dan tepat
    – mengelola pengeluaran dengan efisien
    – memonitor kondisi keuangan dimana saja dan kapan saja
  • Grafik analisa keuangan yang terpadu.  Aplikasi pada software pembukuan Zahir Accounting ini memudahkan dalam hal proyeksi kas, grafik neraca, penjualan, laba rugi, analisa BEP dan berbagai rasio keuangan yang digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan manajerial. Laporan-laporan dalam aplikasi Zahir Accounting dapat diekspor ke dalam format MS Excel, MS Word, PDF, HTML.

Analisa Keuangan – Aplikasi Pembukuan Zahir Accounting


Saat ini, dengan perkembangan teknologi yang kian pesat dan mobilitas user yang juga semakin tinggi, aplikasi Zahir Accounting juga turut mengembangkan teknologinya dengan mengadopsi cloud system. Sistem ini memungkinkan user mengakses aplikasi pembukuannya kapan dan dimana saja secara real time.
Dengan menerapkan aplikasi pembukuan dalam usaha, terlebih dengan menggunakan aplikasi Zahir Accounting akan mempermudah pekerjaan pembukuan. Hal penting yang tidak boleh diabaikan dalam penerapan aplikasi ini adalah, selama bisnis berjalan, maka sepanjang itu pula aplikasi digunakan. Dapat dikatakan aplikasi pembukuan merupakan investasi yang sangat berharga bagi sebuah usaha.

Tidak ada komentar

_____Untuk Melakukan Permintaan Presentasi Silahkan Hubungi Kami_____

Diberdayakan oleh Blogger.