Tips To Manage Your Working Capital




Apa yang Anda pikirkan jika Anda membaca pernyataan Anda dari posisi keuangan (neraca) menunjukkan aset Anda lebih tinggi dari kewajiban Anda? Orang pasti berharap kondisi ini, kan? Tapi, jika Anda tidak bisa mengelola modal kerja Anda dengan baik, hal itu tidak dapat membantu Anda membuat bisnis Anda efisien dan efektif. Mari kita lihat penjelasan berikut yang akan memberi Anda cara terbaik untuk mengelola aset Anda.


Modal kerja


Seperti kita ketahui, modal kerja adalah perbedaan antara harta lancar (aktiva lancar) dan kewajiban lancar. Ini menggambarkan ukuran umum likuiditas perusahaan. Kita juga tahu rasio modal kerja. Meskipun perusahaan kami memiliki keseimbangan yang lebih tinggi dalam total harta lancar yang menunjukkan kemampuan lebih besar untuk memenuhi utang perusahaan, tetapi kita mungkin lupa tentang pengembalian. Semakin lama perusahaan menyimpan aktiva lancar yang berlebihan, semakin sedikit pengembalian yang di dapatkan dari total aset(aktiva). Mengapa kita tidak mencoba untuk berinvestasi dengan kelebihan uang tunai atau memperoleh aset tetap yang dapat membantu perusahaan menghasilkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi?


Di sisi lain, pembiayaan usaha dominan berdasar kepada kewajiban lancar daripada utang jangka panjang, meskipun mungkin menimbulkan biaya yang lebih rendah tetapi memiliki risiko likuiditas yang lebih besar. Semakin besar utang jatuh tempo, maka semakin besar ketidak pastian dan pada umumnya semakin besar biayanya.


Untuk membiayai aset Anda, disarankan untuk menggunakan hedging dimana aset dibiayai oleh kewajiban jatuh tempo yang sama. Dengan menggunakan sistem ini, Anda bisa lebih mempersiapkan dengan dana yang memadai untuk memenuhi utang ketika jatuh tempo.


Mungkin Anda ingin tahu bagaimana menghitung saldo kas yang sesuai atau diperlukan dalam perusahaan Anda. Kas seperti darah dalam tubuh kita. Ketika darah beredar dengan baik, semua organ dalam tubuh kita akan sehat. Kas terdiri dari dua jenis, yaitu uang tunai di Bank dan Kas. Mereka adalah aset yang paling utama di sebuah perusahaan. Tips untuk mengelola uang tunai adalah dengan menjaga saldo kas yang diperlukan. Bagaimana cara menghitungnya? Cukup menghitung saldo transaksi untuk kegiatan bisnis normal ditambah saldo pencegahan dalam kasus darurat ditambah kompensasi saldo yang dibutuhkan untuk komitmen pembiayaan. Ingat, uang tunai yang berlebihan tidak baik dan itu juga berlaku untuk aset lancar lainnya, termasuk piutang, apalagi persediaan.


Hal ini sangat mungkin untuk berdagang tanpa penjualan kredit. Manajemen akan mengoptimalkan penjualan mereka dengan sistem ini, tetapi tentu harus menggunakan strategi seperti itu untuk memaksimalkan return dan meminimalkan risiko. Ada beberapa tips untuk mengelola piutang, antara lain:


Membuat Penuaan Jadwal untuk mengidentifikasi berapa banyak pelanggan dan berapa banyak penjualan kredit jatuh tempo.

Mengevaluasi batas kredit berdasarkan aliran pelanggan pembayaran. "Mereka yang dengan piutang tunggakan lama tidak harus mendapatkan produk itu sampai mereka menyelesaikan rekening mereka atau membayar tunai".

Membuat pengaturan sebelumnya dengan pelanggan, misalnya, keterlambatan pembayaran dari rekening mereka akan mendapatkan biaya bunga secara berkala, atau meminta mereka untuk menyiapkan jaminan setidaknya dalam jumlah yang sama dengan saldo rekening.

Segera mengirim faktur penjualan besar.

Para pelanggan harus secara berkala diingatkan oleh telepon dan email sebelum dan pada saat faktur mereka sudah waktunya untuk di bayar. Kirimi mereka Pernyataan Rekening, biasanya pada akhir setiap bulan.

Gunakan siklus penagihan untuk keseragaman proses penagihan.

Hubungi dan gunakan layanan asuransi kredit untuk menjaga terhadap kerugian yang abnormal dari utang buruk.



Saya harap penjelasan di atas tentang manajemen aset dapat membuat Anda lebih sadar tentang bagaimana Anda dapat menjalankan bisnis Anda

Tidak ada komentar

_____Untuk Melakukan Permintaan Presentasi Silahkan Hubungi Kami_____

Diberdayakan oleh Blogger.