Apakah Bisnis Online Membutuhkan Pencatatan Akuntansi Secara Online ?


Apakah Bisnis Online Membutuhkan Pencatatan Akuntansi Secara Online ?


Mengelola keuangan yang baik mutlak diperlukan dalam bisnis apapun, baik online atau offline. Pada saat ini sudah banyak ditemukan pelaku bisnis online, mengingat bisnis ini memang dapat dilakukan dengan mudah. Hanya dengan modal koneksi internet dan gadget seperti laptop, tablet, atau smartphone seseorang sudah dapat membuka bisnis online.
Tidak ubahnya bisnis offline, bisnis online juga menawarkan berbagai jenis barang seperti baju, sepatu, alat rumah tangga yang dijual melalui media internet. Ini biasa disebut dengan online retailer. Ada juga yang disebut dengan reseller dropship, yaitu orang yang menjual produk milik orang lain atau sebagai pihak ketiga. Umumnya reseller tidak membutuhkan stok barang dan hanya fokus pada kegiatan pemasaran dan penjualan saja. Penggadaan barang dan pengiriman dilakukan oleh pemilik barang yang mengatasnamakan reseller. Keuntungan yang didapat dari reseller ini berasal dari selisih harga yang sudah ditentukan oleh pemilik barang dengan harga yang diberikan reseller kepada konsumen. Meskipun menjalankan bisnis online ini nampak sederhana, namun mengelola keuangan usaha tidak boleh diabaikan. Jika usaha Anda masih berskala kecil atau menengah, maka Anda dapat membuat pembukuan dengan sederhana yang berbasis kas, dimana Anda hanya mencatat terjadinya penjualan saat kas diterima. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:
1. Membuka rekening untuk bisnis
Pada umumnya transaksi online dilakukan melalui transfer bank. Untuk itu penting membuka rekening untuk bisnis dimana rekening ini harus terpisah dengan rekening pribadi. Dengan memiliki rekening terpisah, maka Anda dapat memonitor cash flow bisnis Anda dengan mudah. Pilihlah bank yang banyak digunakan oleh konsmen atau supplier agar transaksi Anda dapat berjalan dengan mudah.
2. Pencatatan harian
Melakukan pencatatan saat terjadi pembayaran dari konsumen ke dalam buku besar yang berisi jenis transaksi, uang masuk, uang keluar, dan saldo. Dengan melakukan pencatatan harian ini maka Anda dapat mengetahui dengan pasti posisi keuangan Anda dan digunakan untuk apa.
3. Membuat laporan laba rugi
Membuat laporan laba rugi setiap bulan akan membantu Anda mengetahui apakah bisnis Anda menguntungkan atau tidak. Dari keuntungan yang terkumpul tersebut Anda dapat menggunakannya untuk mengembangkan bisnis Anda.
Bagi Anda yang masih awam dengan pembukuan, Anda dapat membuat jurnal dengan bantuan software akuntansi berbasis cloud, seperti Zahir Accounting yang akan membantu Anda dalam membuat laporan keuangan dengan lebih mudah. Dengan menerapkan sistem yang terkomputerisasi ini maka Anda dapat mencatat transaksi secara real time dan otomatis menempatkan transaksi tersebut kedalam kategori yang sudah ditentukan dan laporan keuanganpun akan otomatis terbentuk. Sistem akuntansi yang berbasis cloud ini akan banyak membantu Anda yang harus mobile, untuk memonitor transaksi atau cash flow Anda kapanpun dan dimanapun. Berikut ini adalah tampilan pengaplikasian software akuntansi online:
1. Pada laptop, smartphone atau gadget lainnya, akses alamat software akuntansi online tersebut pada browser yang tersedia kemudian login.

Tidak ada komentar

_____Untuk Melakukan Permintaan Presentasi Silahkan Hubungi Kami_____

Diberdayakan oleh Blogger.