Peluang Media Sosial sebagai Platform Dalam E-Commerce




Peluang Media Sosial sebagai Platform Dalam E-Commerce

 

Jumlah pengguna media sosial yang menunjukkan peningkatan secara signifikan mengakibatkan penambahan fungsi tersendiri dalam penggunaan media sosial tersebut.
Jika sebelumnya media sosial digunakan untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga, sekarang media sosial juga dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. Hal ini didukung dengan masuknya media sosial ke dalam e-commerce yang memiliki pasar yang cukup besar.
Pelaku usaha yang menggunakan sarana media sosial sebagai pendukung bisnisnya tidak hanya berasal dari golongan korporat saja, tapi juga dari personal yang jumlahnya cukup besar. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya orang yang menyadari akan peluang media sosial serta kemudahan yang ditawarkan oleh media sosial yang dapat mendukung bisnisnya. Sehingga banyak orang yang beramai-ramai menggunakan media sosial sebagai sarana pendukung bisnisnya.

Media Sosial sebagai Pemicu Perilaku Belanja Online
Pada dasarnya, e-commerce dan media sosial memiliki fungsi yang berbeda. Media sosial memiliki fungsi untuk menerima dan menyalurkan informasi serta berkomunikasi dengan orang lain. Sementara e-commerce berfungsi sebagai media jual-beli online, sarana yang mempertemukan antara penjual dan pembeli di dunia maya. Namun seiring dengan pertumbuhan pengguna media sosial , maka terjadi pergeseran yang akhirnya membawa pengguna medsos ke e-commerce meski dalam jumlah yang masih kecil.
Seperti pada Facebook yang menghadirkan fitur fanspage atau group dimana fitur ini banyak dimanfaatkan oleh korporat atau online shop untuk menjalankan bisnisnya. Jumlah pengguna Facebook yang sangat besar dimanfaatkan sebagai sarana promosi atau menyebarkan informasi produk suatu bisnis online. Penyebaran informasi yang cepat dan kemudahan berbelanja secara online inilah yang memicu pertumbuhan perilaku belanja online.

Peluang Media Sosial sebagai Platform E-commerce
Meskipun saat ini media sosial dianggap sebagai sarana yang cukup ampuh dalam mempengaruhi minat belanja masyarakat secara online, namun beberapa kalangan masih meragukan fungsi media sosial sebagai sarana e-commerce. Media sosial saat ini masih sebatas pada penyebaran informasi produk.
Media sosial masih membutuhkan waktu untuk mengembangkan diri agar menjadi e-commerce dengan basis sistem informasi yang sudah ada didalamnya. Fitur-fitur yang ada pada media sosial masih membutuhkan berbagai penyempurnaan fungsionalitas seperti yang sudah ada pada e-commerce.
Meskipun demikian, peluang perubahan platform pada medsos ini masih terbuka. Mengingat adanya penambahan fitur-fitur baru yang disediakan secara berkala yang pada akhirnya dapat mendukung fungsi e-commerce.




Tidak ada komentar

_____Untuk Melakukan Permintaan Presentasi Silahkan Hubungi Kami_____

Diberdayakan oleh Blogger.