Peluang Media Sosial sebagai Platform Dalam E-Commerce
Peluang Media Sosial sebagai Platform Dalam E-Commerce
Jumlah pengguna media sosial yang
menunjukkan peningkatan secara signifikan mengakibatkan penambahan
fungsi tersendiri dalam penggunaan media sosial tersebut.
Jika sebelumnya media sosial digunakan untuk berkomunikasi dengan teman
atau keluarga, sekarang media sosial juga dimanfaatkan untuk keperluan
bisnis. Hal ini didukung dengan masuknya media sosial ke dalam
e-commerce yang memiliki pasar yang cukup besar.
Pelaku usaha yang menggunakan sarana media sosial sebagai pendukung
bisnisnya tidak hanya berasal dari golongan korporat saja, tapi juga
dari personal yang jumlahnya cukup besar. Hal ini dikarenakan semakin
banyaknya orang yang menyadari akan peluang media sosial serta kemudahan
yang ditawarkan oleh media sosial yang dapat mendukung bisnisnya.
Sehingga banyak orang yang beramai-ramai menggunakan media sosial
sebagai sarana pendukung bisnisnya.
Media Sosial sebagai Pemicu Perilaku Belanja Online
Pada dasarnya, e-commerce dan media sosial memiliki fungsi yang berbeda. Media sosial memiliki fungsi untuk menerima dan menyalurkan informasi serta berkomunikasi dengan orang lain. Sementara e-commerce berfungsi sebagai media jual-beli online, sarana yang mempertemukan antara penjual dan pembeli di dunia maya. Namun seiring dengan pertumbuhan pengguna media sosial , maka terjadi pergeseran yang akhirnya membawa pengguna medsos ke e-commerce meski dalam jumlah yang masih kecil.
Pada dasarnya, e-commerce dan media sosial memiliki fungsi yang berbeda. Media sosial memiliki fungsi untuk menerima dan menyalurkan informasi serta berkomunikasi dengan orang lain. Sementara e-commerce berfungsi sebagai media jual-beli online, sarana yang mempertemukan antara penjual dan pembeli di dunia maya. Namun seiring dengan pertumbuhan pengguna media sosial , maka terjadi pergeseran yang akhirnya membawa pengguna medsos ke e-commerce meski dalam jumlah yang masih kecil.
Seperti pada Facebook yang menghadirkan
fitur fanspage atau group dimana fitur ini banyak dimanfaatkan oleh
korporat atau online shop untuk menjalankan bisnisnya. Jumlah pengguna
Facebook yang sangat besar dimanfaatkan sebagai sarana promosi atau
menyebarkan informasi produk suatu bisnis online. Penyebaran informasi
yang cepat dan kemudahan berbelanja secara online inilah yang memicu
pertumbuhan perilaku belanja online.
Peluang Media Sosial sebagai Platform E-commerce
Meskipun saat ini media sosial dianggap
sebagai sarana yang cukup ampuh dalam mempengaruhi minat belanja
masyarakat secara online, namun beberapa kalangan masih meragukan fungsi
media sosial sebagai sarana e-commerce. Media sosial saat ini masih
sebatas pada penyebaran informasi produk.
Media sosial masih membutuhkan waktu
untuk mengembangkan diri agar menjadi e-commerce dengan basis sistem
informasi yang sudah ada didalamnya. Fitur-fitur yang ada pada media
sosial masih membutuhkan berbagai penyempurnaan fungsionalitas seperti
yang sudah ada pada e-commerce.
Meskipun demikian, peluang perubahan
platform pada medsos ini masih terbuka. Mengingat adanya penambahan
fitur-fitur baru yang disediakan secara berkala yang pada akhirnya dapat
mendukung fungsi e-commerce.
Leave a Comment