Mengapa Harus Dilakukan Pembukuan Otomatis


Malang - Pembukuan yaitu catatan transaksi atau penjurnalan yang dibuat secara kronologis (menurut urutan waktu) dan sistematis (menurut cara-cara tertentu). Setiap organisasi / kelompok, mengelola pembukuan dengan baik yaitu sesuai jenis / bidang usaha masing – masing serta diisi dengan tertib, teratur dan benar. Sebab dengan pembukuan yang baik, dapat digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan. Salah satu parameter sebuah bisnis itu hidup dan merangkak naik maupun berlari menanjak adalah adanya pembukuan yang aktif digunakan setiap hari setiap kali terjadi transaksi.


Dalam Zahir Accounting Versi 5.1 proses pembukuan ini dilakukan secara otomatis membentuk jurnal. Jurnal yang di buat otomastis tersebut dapat berjumlah lebih dari satu, misalnya jurnal pembelian secara kredit akan dibuatkaan tiga jurnal yaitu jurnal pembelian, jurnal pembayaran uang muka dan jurnal pencadangan penghapusan hutang, demikian juga untuk jurnal – jurnal lainnya. Sehingga Anda dapat langsung melihat buku besar masing-masing perkiraan.

Sehingga bisa kita simpulkan bahwa para pengusaha dan karyawan sendiri mendapat manfaat dari pembukuan otomatis yang benar. Manfaat pembukuan yang rapi, detil, dan tepat antara lain:
 
1. Memudahkan manajer dalam mengecek perkembangan bisnis 
2. Memudahkan bagian keuangan untuk menghitung keuntungan atau kerugian yang terjadi 
3. Memudahkan bagian gudang atau stok barang dalam mengkroscek ketersediaan barang atas dasar terjadinya penjualan pada pembukuan penjualan dengan kartu stok barang Membantu manajer dalam merencanakan strategi selanjutnya (marketing, pengadaan barang, negosiasi, dll) 
4. Mengurangi potensi terjadinya kecurangan dalam kerja 
5. Mengantisipasi terjadinya salah data 
6. Menentukan produk yang akan lebih diprioritaskan 
7. Menghemat waktu dalam pekerjaan
8. Membantu penaksiran gaji karyawan


Nah, bagaimana menurut Anda, pembukuan otomatis sangat penting bukan? Ini adalah sebuah strategi bisnis yang akan berlanjut. Seiring jumlah barang berkurang atau jasa terpakai, maka harus terjadi penghasilan finansial yang akhirnya menghasilkan residu yang bernama profit. Jika sudah terjadi profit, barulah bisnis dikatakan berpotensi untuk tetap dijalankan.

Untuk jaman era teknologi saat ini pembukuan otomatis sudah diciptakan softwarenya salah satu pengembangnya adalah PT. Zahir Internasional, software ini dapat di download di sini DOWNLOAD SOFTWARE


Tidak ada komentar

_____Untuk Melakukan Permintaan Presentasi Silahkan Hubungi Kami_____

Diberdayakan oleh Blogger.